Laporan Keuangan Akuntansi
Assalamualaikum wr.wb
Saya akan memberikan materi mengenai laporan keuangan.
A. Pengertian Laporan Keuangan
Laporan keuangan adalah kumpulan infomasi kondisi aktiva dan passiva suatu perusahaan pada suatu periode tertentu.
B.Jenis-Jenis Laporan Keuangan
1. Laporan laba/rugi
2.Laporan perubahan modal
3.Laporan neraca
4.Laporan arus kas
a.Laporan laba rugi adalah bentuk informasi kondisi keuangan pada akhir periode laba atau untung dan rugi jika pendapatan kurang dari kumpulan beban.Berisi akun pendapatan-beban.
b.Laporan perubahan modal merupakan suatu informasi modal awal dan +/- prive dan dijadikan modal akhir pada suatu periode tertentu
c.Laporan neraca merupakan laporan yang berisi informasi aktiva dengan passiva suatu perusahaan untuk mengetahui harta-utang-modal yang jumlahnya balance
d.Laporan arus kas berisi informasi penerimaan dan pengeluaran kas yang terjadi pada suatu transaksi dari berbagai aktivitas,operasi,investasi,dan pendanaan
C.Kegunaan Laporan Keuangan
1.Membantu dalam pembuatan kebijakan dan dijadikan pedoman terlebih dahulu
2.Membuat berbagai kinerja yang berkelanjutan dengan memperhatikan kondisi aktiva perusahaan
3.Membuat perencanaan dimasa yang akan datang dengan mengetahui informasi keuangan
4.Menarik investor untuk menanam saham pada suatu periode
D.Keterbatan Laporan Keuangan
1.Data yang tidak begitu akurat
2.Butuh waktu yang cukup lama untuk pembuatan
3.Tidak terdapat transaksi kas bersifat kredit
E.Karakteristik Laporan Keuangan
1. Relevan
2. Dapat dipahami
3.Dapat diperbandingkan
4.Berkelanjutan
5.Historis
6.Kesatuan Moneter
F. CONTOH LAPORAN KEUANGAN
Kesimpulan
Laporan keuangan yang paling utama pada suatu perusahaan yaitu ada 2 laporan laba rugi dan neraca sebab itu komponen yang sangat berpengaruh terhadap kinerja dan prospek suatu perusahaan kedepannya.Aktiva dan Passiva suatu modal kerja yang berguna untuk perusahaan tidak cepat dilikuidasi.
Laporan keuangan harus memperhatikan karakteristik informasi agar tidak terjadi penyimpangan dan kesalahan pada penyampaian suatu laporan.Kejujuran dan keakuratan yang paling utama dalam pembuatan laporan yang baik dan benar.
Sekian dari saya semoga bermanfaat.Wassalamualaikum wr.wb
Saya akan memberikan materi mengenai laporan keuangan.
A. Pengertian Laporan Keuangan
Laporan keuangan adalah kumpulan infomasi kondisi aktiva dan passiva suatu perusahaan pada suatu periode tertentu.
B.Jenis-Jenis Laporan Keuangan
1. Laporan laba/rugi
2.Laporan perubahan modal
3.Laporan neraca
4.Laporan arus kas
a.Laporan laba rugi adalah bentuk informasi kondisi keuangan pada akhir periode laba atau untung dan rugi jika pendapatan kurang dari kumpulan beban.Berisi akun pendapatan-beban.
b.Laporan perubahan modal merupakan suatu informasi modal awal dan +/- prive dan dijadikan modal akhir pada suatu periode tertentu
c.Laporan neraca merupakan laporan yang berisi informasi aktiva dengan passiva suatu perusahaan untuk mengetahui harta-utang-modal yang jumlahnya balance
d.Laporan arus kas berisi informasi penerimaan dan pengeluaran kas yang terjadi pada suatu transaksi dari berbagai aktivitas,operasi,investasi,dan pendanaan
C.Kegunaan Laporan Keuangan
1.Membantu dalam pembuatan kebijakan dan dijadikan pedoman terlebih dahulu
2.Membuat berbagai kinerja yang berkelanjutan dengan memperhatikan kondisi aktiva perusahaan
3.Membuat perencanaan dimasa yang akan datang dengan mengetahui informasi keuangan
4.Menarik investor untuk menanam saham pada suatu periode
D.Keterbatan Laporan Keuangan
1.Data yang tidak begitu akurat
2.Butuh waktu yang cukup lama untuk pembuatan
3.Tidak terdapat transaksi kas bersifat kredit
E.Karakteristik Laporan Keuangan
1. Relevan
2. Dapat dipahami
3.Dapat diperbandingkan
4.Berkelanjutan
5.Historis
6.Kesatuan Moneter
F. CONTOH LAPORAN KEUANGAN
![]() |
Laporan Laba Rugi |
![]() |
Laporan Perubahan Modal |
![]() |
Laporan Neraca |
![]() |
Laporan Arus Kas |
Kesimpulan
Laporan keuangan yang paling utama pada suatu perusahaan yaitu ada 2 laporan laba rugi dan neraca sebab itu komponen yang sangat berpengaruh terhadap kinerja dan prospek suatu perusahaan kedepannya.Aktiva dan Passiva suatu modal kerja yang berguna untuk perusahaan tidak cepat dilikuidasi.
Laporan keuangan harus memperhatikan karakteristik informasi agar tidak terjadi penyimpangan dan kesalahan pada penyampaian suatu laporan.Kejujuran dan keakuratan yang paling utama dalam pembuatan laporan yang baik dan benar.
Sekian dari saya semoga bermanfaat.Wassalamualaikum wr.wb
Komentar
Posting Komentar